Marta & Maria (Lukas 10:38-42)
Oleh : Deny S Pamudji

"Tetapi hanya satu saja yang perlu: Maria telah memilih bagian yang terbaik, yang tidak akan diambil dari padanya." Lukas 10:42

Dikisahkan Yesus berkunjung ke rumah Marta & Maria.  Tidak diceritakan apakah ini merupakan kunjungan yang pertama atau yang kesekian kali.  Namun yang jelas, kunjungan ini membuat Marta & Maria sibuk sekali mempersiapkan segala sesuatunya.

Saking sibuknya, Marta sampai-sampai kurang menyadari bahwa Yesus sudah datang dan sudah waktunya untuk Marta berkumpul bersama Yesus mendengarkan ajaran-Nya.  Berbeda dengan Maria, segera meninggalkan kegiatan persiapannya dan lebih suka bersama dengan Yesus.

Ketika Marta melihat apa yang dikerjakan saudaranya, Maria, yang tidak lagi membantu dirinya, Marta langsung menegur Maria.  Melihat kejadian itu, Yesus mengatakan pada Marta bahwa apa yang dilakukan Maria sudah benar karena Maria memilih prioritas yang tepat.

Bagaimana dengan kita? Sudahkah kita menempatkan prioritas yang benar dalam hidup kita? Apakah kita terlalu sibuk dalam kehidupan duniawi sehingga melupakan kehidupan rohani?  Atau kita sibuk dalam kehidupan rohani (dalam segala pelayanan) namun melupakan hubungan akrab kita dengan Yesus?

Saatnya kita memperbaiki kehidupan kita.  Kita berikan prioritas yang tepat.  Kehidupan duniawi dan rohani harus berjalan.  Namun hubungan akrab dengan Yesus harus tetap terjaga.  Tuhan memberkati.