5r + 2i = 5000l + 12br + xpa (Matius 14:13-21)
Oleh : Deny S Pamudji

Kata Yesus kepada mereka (murid-murid-Nya),”Mereka (orang-orang yang mengikuti Yesus) tidak perlu pergi.  Kamulah yang memberi makanan kepada mereka.” (Matius 14:16)

Rumus pada judul tulisan ini adalah rumus yang paling sukar karena hanya bisa diselesaikan oleh satu orang saja, yakni Yesus.  Karena rumus bagi kita harus mempunyai keterkaitan satu dengan lainnya sehingga dapat diberikan solusinya.

Rumus di atas adalah formula dari 5 roti + 2 ikan sanggup memberi makan 5000 orang laki2 bahkan sisa 12 bakul roti. Hitungan belum termasuk perempuan dan anak-anak yang ikut serta.

Mukjizat penggandaan materi merupakan satu-satunya mukjizat yang dilakukan Yesus yang ditulis dalam 4 kitab pertama Perjanjian Baru yakni Matius, Markus, Lukas, Yohanes.  Kalaulah peristiwa itu terjadi pada saat kini, maka bisa jadi merupakan peristiwa yang paling menghebohkan dan pasti masuk CNN, Al Jazeera, dan media internasional lainnya.  Semua wartawan pasti akan mengantri mewawancarai Yesus, atau setidaknya mencari pendekatan pada murid-murid Yesus agar diketahui rahasia menggandakan materi.

Apa yang mendasari terjadinya mukjizat ini? Belas kasihan Yesus pada orang-orang yang selama ini mengikutinya dan terus ingin bersama-Nya.  Tiga hari orang-orang ini dekat dengan Yesus dan mendengarkan ajaran-Nya.  Terik matahari tidak digubrisnya.  Mereka benar-benar larut bersama Yesus sehingga tidak lagi merasakan pentingnya hal-hal lain.  Terbukti dari sekian banyak orang (5000 laki2) ternyata hanya ada tersedia 5 roti dan 2 ikan.  Itu pun tidak dimiliki oleh orang dewasa melainkan oleh seorang anak kecil.  Pasti itu sisa makanan yang ada padanya.  Ibunya rupanya telah menyediakan makanan yang cukup untuk si kecil agar tidak kelaparan selama mengikuti Yesus.

Kedua yang bisa membuat mukjizat ini terjadi ialah kesediaan dari seorang anak kecil untuk memberi.  Memberi semua yang dimiliki tanpa kuatir apa yang akan terjadi setelah itu.  Andai anak kecil ini tidak memberi, maka mukjizat penggandaan mungkin tidak terjadi.

Ketiga yang membantu mukjizat terjadi ialah perhatian murid-murid Yesus pada anak kecil.  Biasanya anak kecil dianggap tidak ada atau kurang diperhitungkan. Coba tanyakan pada orang-orang sekitar kita atau tidak usah jauh-jauh deh, tanyakan pada diri kita sendiri.  Kapankah atau dalam hal apakah kita bertanya pada anak-anak kita jika kita ingin melakukan sesuatu?  Mungkin 90% dari kita tidak pernah bertanya atau minta masukan dari anak-anak kita.

Keempat, yang membantu mukjizat ini terjadi ialah ketaatan dari orang-orang dalam mengerjakan apa yang dikatakan Yesus.  Mereka mau dikelompokan dalam kelompok 50.  Mereka tertib dan tidak melakukan sesuatu yang bertentangan.  Percayalah tidak mudah mengatur orang lebih dari 5000 orang.  200 demonstran saja sudah bisa membuat keonaran, apalagi 5000 orang yang tidak tertib, pastilah membuat banyak korban berjatuhan.

Jadi jika kita ingin mukjizat penggandaan terjadi dalam hidup kita maka kerjakanlah 4 langkah penting yakni :
1. Dekat dengan Yesus dan utamakan Dia dalam hidupmu.
2. Memberi dengan setulusnya atau melakukan sesuatu dengan tanpa pamrih.
3. Jangan remehkan orang lain.  Tuhan sering bicara melalui orang-orang yang kita anggap tidak penting atau tidak tahu apa2.
4. Turut perkataan Tuhan.  Jangan berontak, jangan menggerutu. 

Tuhan Yesus memberkati.