Syarat Doa (Markus 11:20-26)
Oleh Deny S Pamudji

“Apa pun yang kamu minta dalam doa, kamu harus percaya, bahwa kamu akan mendapatnya, karena hal itu akan terjadi.” (Markus 11:24)

Dalam bacaan di atas kita diajarkan Yesus bagaimana suatu doa yang disertai iman bisa memindahkan gunung.  (Sebelumnya Yesus mengutuk sebuah pohon ara dan pohon itu menjadi mati hingga keakarnya dan ketika murid-Nya bertanya bagaimana hal tersebut bisa terjadi, Yesus memberikan petunjuk bahwa doa harus disertai iman)

Namun mungkin kita bertanya, apakah betul gunung bisa kita pindahkan?!  Mengapa dari dulu hingga sekarang, belum ada seorang kristen pun yang bisa memindahkan gunung?  Apakah itu berarti iman kita tidak sempurna?

Ada yang mengatakan mungkin yang dimaksud bukan gunung sungguhan.  Karena banyak perkara yang Yesus lakukan, masih bisa dilakukan oleh pengikut Yesus seperti misalnya menyembuhkan penyakit (termasuk kanker), membangkitkan orang mati, mencelikan yang buta, membuat tuli mendengar, lumpuh berjalan, dsb.

Cuman lagi-lagi ada juga yang belum bisa dilakukan seperti membuat pohon menjadi layu, menggandakan roti dan ikan, dan beberapa lainnya.

Tetapi dalam bacaan ini ada catatan yang perlu diperhatikan yakni jika ingin berdoa, kita harus terlebih dulu memaafkan orang yang bersalah pada kita.  Apa artinya?  Bahwa diri kita harus bersih, suci, atau kudus.  Tidak boleh ada lagi dendam, amarah, sakit hati, atau perasaan negatif apa pun.  Jadi mungkinkah ini yang membuat kita semua tidak bisa melakukan apa yang Yesus ajarkan?!

Tampaknya masih ada satu lagi yang perlu agar kita mempunyai doa yang berkuasa yakni Roh Allah.  Dalam beberapa kesempatan Yesus berkata bahwa kekuatan-Nya berasal dari Roh Allah yang ada di dalam diri-Nya. 

Roh ini akan berada di dalam diri kita apabila kita menerima Yesus dan menjaga rumah kita (rohani kita) bersih.  Sebaliknya jika rohani kita kotor, penuh dengan hal-hal keserakahan, dendam, iri, amarah, sakit hati dan segala macam akar pahit, maka yang ada bukanlah Roh Kudus melainkan roh-roh dunia atau roh-roh kenajisan.

Jadi ingin doamu didengar? Bersahabatlah dengan Yesus, hiduplah dengan kudus, dan milikilah iman.  Tuhan memberkati selalu.