Manusia = Hewan? (Mazmur 49)
Oleh : Deny S Pamudji

Manusia yang dengan segala kegemilangannya tidak mempunyai pengertian, boleh disamakan dengan hewan yang dibinasakan (Mazmur 49:21)

Dunia pernah digemparkan oleh pernyataan Darwin yang ‘menyamakan’ manusia dengan hewan.  Manusia sekarang adalah bentuk evolusi dari ‘manusia’ yang hampir mirip dengan hewan sehingga pernah ada pernyataan yang sinis bahwa manusia adalah kera yang berevolusi.

Ternyata jauh sebelum Darwin membuat pernyataan itu, Firman Tuhan mengatakan kita pun ‘seperti’ hewan jika kita tidak mempunyai pengertian.  Maksudnya bukan kita sama dengan hewan, tetapi masa depan kita akan sama dengan hewan jika kita hidup tanpa pengertian.

Pengertian apakah yang dimaksud?  Pengertian bahwa segala kegemilangan dan harta benda adalah sia-sia karena mereka tidak bisa dibawa serta ketika kita mati dan kita pun tidak dapat menebus nyawa kita dengan kegemilangan dan harta benda.

Karena penebusan jiwa kita hanya dapat dilakukan oleh dia yang benar-benar tidak ternoda.  Penebusan hanya bisa dilakukan dengan korban.  Dan korban itu harus tidak ternoda.  Korban itu telah diberikan kepada Allah dan kita tidak perlu lagi mengadakan korban karena korban yang sejati, domba Allah, telah mati untuk dosa kita dan menebus jiwa kita dari alam maut.  Semua diberikan pada kita dengan percuma alias gratis alias tidak usah membayar apa pun.  Hanya kita perlu menyatakan penerimaan kita dengan kesungguhan hati.

Sudahkah engkau menerima Yesus sebagai korban suci untuk jiwamu?  Atau masihkah engkau menganggap ada kemuliaan lain (kemuliaan orang-orang besar, nabi-nabi, guru-guru besar) bisa menolongmu?  Tidakkah bacaan di atas mengingatkanmu bahwa semua kegemilangan dan harta benda tidak bisa menolong atau menebus jiwamu? Renungankanlah semuanya dan buatlah keputusan untuk jiwamu kelak.  Tuhan memberkati kita semua.