Kehadiran

Pada tahun 1924 Bill Havens adalah salah seorang pendayung paling hebat di Amerika dan kebanyakan orang berpikir ia akan memenangkan tiga buah medali diantaranya emas di pertandingan Olimpiade di Paris. Tetapi beberapa bulan sebelum Olimpiade diadakan, Havens sadar bahwa istrinya akan melahirkan anak pertama mereka dalam perjalannya menuju Paris. Bill memutuskan tidak mungkin untuk meninggalkan isterinya di masa yang penting ini dan meninggalkan olah-raganya sama sekali.

Pada tahun 1952 Bill Havens nendapatkan telegram dari puteranya Frank yang baru saja memenangkan medali emas dalam final kano 10.000 meter di Olimpiade di Helsinki, Finlandia. "Ayah, terimakasih karena telah menunggui kelahiranku, Aku akan pulang membawa medali emas yang seharusnya Ayah menangkan. Anakmu tersayang, Frank". Bill Havens paham betul bahwa ia telah membuat keputusan yang tepat.

Salah satu ironi kehidupan jaman sekarang adalah terlalu seringnya orang-tua bekerja lembur, bekerja rangkap bahkan meninggalkan keluarganya demi memberikan lebih banyak materi kepada keluarganya. Tetapi studi demi studi menunjukkan bahwa jika disuruh memilih, sang anak yang orang-tuanya pekerja keras ternyata lebih memilih kehadiran dan lebih banyak waktu bersama mereka.

Kehadiran anda sebagai orang-tua bernilai lebih dari ribuan hadiah.

Sumber cerita : Dr. James Dobson, Coming Home, Timeless Wisdom for Families, (Tyndale House Publishers, Wheaton; 1998), pp. 140-141

Advertisements