dr. Benjamin Solomon Carson adalah seorang dokter ahli bedah syaraf anak. Beliau hadir untuk berbicara di tahun 2004 ini untuk berbicara mengenai konsep Kerohanian. 

Menurut dr. Carson, semua orang ingin memiliki pekerjaan yang menghasilkan uang yang besar dalam satu upaya saja. Dalam istilah dunia finansial, kita namakan ini "Big Bang (for the) Buck". Banyak yang ingin mendapatkan big bang for the buck. Tetapi beliau menjabarkan bahwa dirinya percaya bahwa untuk menghasilkan buck (uang kertas) kita harus menerapkan BANG. Ini adalah singkatan sebagai berikut.

Bang (B = Bravery)
Untuk bisa mendapatkan uang banyak, ada resiko yang harus ditempuh dan seringkali ini memerlukan keberanian. Beliau bercerita bahwa ketika beliau masih baru bertugas sebagai ahli syaraf (beliau menjadi kepala bedah syaraf di John Hopkins pada usia 33 tahun, jadi ini jauh sebelum itu) beliau selalu mengambil kasus – kasus yang simple. Yang tidak ada resiko orang meninggal dunia. Tidak ada resiko mempertaruhkan popularitas atau nama baik pribadi maupun institusi. Hingga pada suatu hari beliau mendapatkan pasien seorang anak gadis berusia 12 tahun yang selalu mengalami kejang. Jadi bukan tipe kejang yang sewaktu – waktu kumat, melainkan kejang yang permanen.

Semua orang di John Hopkins melarang beliau melakukan pembedahan yang memiliki resiko menyembuhkan sang pasien (dan mungkin juga membunuhnya) dengan cara mengambil separuh dari otak kiri si anak. Mengapa? Resiko! Tetapi pada saat supervisornya pergi menghadiri meeting di luar negeri, dr. Carson dan teman – temannya melakukan operasi itu. Jadi, dia lakukan operasi itu bersama dengan teman-temannya. Hasilnya, anak itu berhenti kejang seketika, dan berangsur-angsur hidup secara normal setelah belajar memindahkan fungsi otak kirinya ke otak kanannya. Dia berhasil memberikan kehidupan yang lebih baik bagi anak itu dan keluarganya karena dia berani.

bAng (A = Analytical)
Dalam hal apapun juga yang kita lakukan, selalu tanyakan empat pertanyaan ini sebagaiman dr. Carson melakukannya dalam kasus di atas :
Apa hal terbaik yang terjadi bila dia MELAKUKAN operasi itu.
Apa hal terburuk yang terjadi bila dia MELAKUKAN operasi itu.
Apa hal terbaik yang terjadi bila dia TIDAK melakukan operasi itu.
Apa hal terburuk yang terjadi bila dia TIDAK melakukan operasi itu.

Sama dengan kita semua. Selalu tanyakan hal ini. Benjamin Franklin, penemu listrik sekaligus bapak post Amerika selalu membelah sebuah kertas kosong menjadi dua, dan menuliskan apa manfaatnya bila dia berbuat sesuatu di sisi kiri kertas, dan apa kerugian dari perbuatan itu dituliskan di sisi kanan kertas.
Tanyakan hal ini dan mungkin anda telah menciptakan kehidupan yang lebih baik bagi anda sendiri dan bagi orang lain.

baNg (N = Nice to people)
dr. Carson berkata, bahwa banyak orang berkata dalam profesi beliau sebagai dokter, tidak boleh dekat secara emosional kepada orang lain. Itu sebabnya dari semua profesi yang ada di dunia ini, profesi dokter adalah profesi yang paling salah dimengertikan sebagai arogan karena seperti ada tuntutan bahwa selama "saya" adalah seorang dokter maka "saya" tidak boleh dekat secara emosional kepada orang lain.

dr. Carson pernah mendapatkan seorang pasien anak kecil dimana beliau menjadi dekat dengan anak ini beserta keluarganya. Saat pembedahan dilakukan semua berjalan normal, hingga sesampainya beliau di rumah pager beliau berbunyi. Isi beritanya, pasien tadi mendadak berhenti bernafas. dr. Carson kembali di rumah sakit dan menangis sekeras-kerasnya.

Apa kira-kira yang terjadi kemudian? Orang tua anak itu mulai menebarkan berita, "bila ingin anak anda dirawat dengan baik dan tidak malpraktek, cari dr. Carson. Dia begitu sayang dan peduli pada anak kami, tidak seperti dokter lain yang tidak peduli terhadap pasien dan hanya ingin mencari uang saja".

dr. Carson dengan tulus bersikap nice to people dan dia mendapatkan banyak pasien (dan uang) dari hal itu. Dan yang jelas dengan banyaknya pasien yang dapat dia layani, ada lebih banyak pula orang – orang yang telah dibantunya mencapai kehidupan yang lebih baik.

banG (G = GOD)
Di tahap ini dr. Carson banyak bersaksi mengenai hidupnya, bagaimana sewaktu kecil dia ingin menjadi dokter misionaris, tetapi karena keluarganya sangat miskin sehingga beralih cita – cita menjadi dokter anak supaya cepat kaya. Dan ketika sudah kaya, beliau tidak lupa akan Tuhan yang sudah menolongnya. Pada saat itu beliau bahkan banyak melemparkan banyolanl tentang orang-orang yang saat bekerja melupakan Tuhan, dan/atau saat berTuhan ria lupa bekerja !!!

Suatu hari beliau ingin menolong dua orang bayi kembar siam dari asia. Karena keluarga anak ini tidak mampu, beliau minta bantuan kepada rumah sakitnya. Oleh direktur rumah sakit yang konon kabarnya pelit luar biasa dan tidak peduli terhadap sesama, ditolak. Mengapa ditolak? Sang direktur menjawab "Meskipun kamu boleh menyumbangkan tenagamu, tetapi kamu tidak bisa meminta orang lain dan rumah sakit untuk menyumbang juga.".

dr. Carson menjawab, "Kalau begitu saya akan buat sebuah yayasan untuk menampung dana dan tenaga orang-orang untuk membiayai operasi seperti ini".
Sang direktur menjawab "Baik, saya anggota dan donatur kamu yang pertama !".

Akhirnya tibalah saat pengumpulan dana, beliau memasang banyak sekali tulisan spanduk pencarian dana berbunyi "Demikianlah kita ketahui kasih Kristus, yaitu bahwa Ia telah menyerahkan nyawa-Nya untuk kita; jadi kitapun wajib menyerahkan nyawa kita untuk saudara-saudara kita. (1 Yohanes 3:16) – SUMBANG SEKARANG !!!"

Banyak pihak yang protes bahwa sekolah John Hopkins University dan rumah sakit John Hopkins harus dipisahkan dari agama. Bahkan ada yang menuntut beliau. Di sini dr. Carson berkata bahwa untuk berbuat baik, banyak yang akan tidak suka. Disinilah kita memerlukan kekuatan Tuhan. Tanpa Tuhan, tidak akan ada hal positif apapun yang bisa terjadi. Kita tidak bisa mengubahkan dunia tanpa Tuhan.

Ketika seorang pengacara hendak menuntutnya, dr Carson balik menantang, "Mengapa tidak langsung saja tanya ke Mahkamah Agung (supreme court of justice) ?" Si pengacara menjawab dengan meledek, "Anda tidak tahu aturan, tidak bisa langsung ke mahkamah agung !".
dr. Carson menjawab "Bisa, minggu depan saya akan menerima penghargaan oleh hakim agung, di mahkamah agung. Saya akan tanya langsung saat itu !" 
Jawaban dari mahkamah agung adalah "They don’t know what you’re doing, just get on with it !". Tentu, ini adalah sebuah jawaban dari seseorang yang sudah Tuhan jamah. Amin!