Lidah (Yakobus 3:9,10)

Mungkin menjadi pemandangan biasa bila kita melihat seorang yang habis ke gereja, ketika pulang mobilnya tersenggol, kemudian dari mulutnya keluar umpatan kebun binatang. Koq bisa?

Lidah ini sangat penting peranannya dalam kehidupan kristiani. Bahkan ada kuasa dibalik perkataan itu. Jika kita sering memperkatakan yang negatif, maka niscaya kita akan menjadi negatif. Sebaliknya jika kita sering memperkatakan yang positif, maka kita akan menjadi positif.

Begitupun terhadap anak kita. Janganlah kita mengatakan dia bodoh, terlebih-lebih dihadapannya ketika dia mendapat nilai kurang baik dalam ujiannya. Sebab perkataan tsb akan masuk dalam jiwanya dan mempengaruhi dia dan membentuk dia menjadi bodoh.  Sebaliknya perkatakan bahwa dia pintar. Maka dirinya akan terangkat dan dia akan membuktikan bahwa dirinya layak dipanggil pintar.

Tulisan di atas hanyalah contoh dari kuasa perkataan yang kemudian diterapkan dalam terapi kejiwaan. Banyak hal lagi yang bisa digali dari perkataan Tuhan. Sebab itu janganlah malas mendalami Alkitab Sdr.

Salam kasih, Deny S Pamudji
Jakarta, 20 Agustus 2001

Advertisements