Simson (Hakim-hakim 13-16)

Simson adalah seorang Israel yang diberkati dengan kekuatan yang luar biasa. Dengan senjata tulang rahang keledai saja, dia bisa membunuh seribu orang. Dengan tangan kosong, dia bisa membunuh seekor singa muda.

Sayang, Simson ternyata seorang pemuda mata keranjang dan suka ‘jajan’. Akhirnya dia pun terperangkap oleh seorang gadis Filistin yang bernama Delila.

Dengan bujuk rayunya Delila berhasil mengungkap rahasia kekuatan Simson dan Simson kemudian dicungkil matanya dan mengalami pelecehan yang luar biasa yakni dijadikan tawanan dengan pekerjaan menggiling dan juga dijadikan pelawak.

Tetapi, Simson kemudian bertobat dan memohon pada Tuhan agar diberikan satu kesempatan. Dan Tuhan memberinya. Alkitab mencatat jumlah orang yang mati oleh Simson pada saat dia buta lebih banyak daripada pada saat dia dapat melihat (tiga ribu dibanding seribu).

Pelajaran yang dapat ditarik ialah jangan melanggar perintah Tuhan; kembangkan talenta yang ada padamu untuk kemuliaan-Nya dan jangan mudah putus asa karena Tuhan pasti memberi kesempatan yang lain.

Salam kasih, Deny S Pamudji
Jakarta, 22 Nopember 2001