7 Tanda Kedewasaan Dalam Kristus
(dari kaset kotbah Iin W Cipto)

Yang menghalangi rencana Tuhan terjadi pada kita dan penyebab Tuhan Yesus hingga sekarang belum datang untuk kedua kalinya adalah karena masih banyak umatNya dan anak2-Nya yang masih belum mencapai kedewasaan dalam Kristus. Ciri2 orang yang sudah dewasa dalam Kristus yaitu :

1. Filipi 4:11-12 > harus bisa mengucap syukur di setiap situasi (keadaan)

2. Amsal 16:32 > harus mempunyai kesabaran dan dapat menguasai diri terhadap emosi (baik emosi yang negatif maupun positif)

3. Yohanes 3:2 > harus bisa mengendalikan lidah. Hal2x yang harus dilakukan untuk mengendalikan lidah yaitu :
a. bisa menyimpan rahasia orang lain
b. hati2 di dalam berkata2 karena ada kata2 yang bisa menyakiti hati orang lain tanpa kita sadari
c. hindari percakapan yang tidak perlu (gossip)
d. hati2 dengan janji yang kita ucapkan baik kepada Tuhan maupun kepada orang lain. Kita terlalu mudah mengucapkan janji tapi bagaimana dengan pelaksanaannya ?
e. hati2 terhadap pembicaraan kita terhadap Tuhan, yaitu kita harus sopan sebab bisa saja kita menyakiti hati Tuhan melalui sikap kita yang tidak sopan.

4. Matius 7:20-23 > Bagaimana kita mengenal Allah? Bukan hanya dengan pengetahuan mengenai Allah saja. Kita bisa mengetahui kehendak Bapa bila kita bergaul intim dengan Allah. Kalo kita sudah mengenal Tuhan maka kita pasti akan menghasilkan berbuah Roh Kudus.
Ada 2 jenis buah di dalam Tuhan yaitu Buah Roh Kudus dan Buah Pelayanan. Buah Pelayanan yaitu buah yang dihasilkan dari pelayanan kita; antara lain : apakah ada orang yang bertobat (keluarga kita, teman2 kita dan orang lain), keluarga yang dipulihkan dan lain2.

5. 1 Petrus 1:13 > pikiran kita harus ada pada kasih karunia Tuhan, maksudnya kita harus sadar bahwa setiap yang kita lakukan (pelayanan di gereja maupun yang lainnya) itu semua karena kasih karunia Tuhan saja dan bukan karena kita bisa melakukannya.

6. Lukas 16:10&11 > menguasai keuangan, maksudnya harus bisa mengatur keuangan dengan baik, hidup dalam berkat dan berkelimpahan (maksudnya hidup secukupnya). Hati2 terhadap pemborosan soal makanan, pakaian dan lain2. Setiap kita mau beli barang (selain dari kebutuhan pokok) kita harus terlebih dahulu bertanya kepada Tuhan, apakah kita perlu beli barang tersebut atau tidak ?

7. Efesus 5:15&17 > soal waktu. Kita harus punya waktu untuk Tuhan, keluarga, pribadi dan pelayanan (pelayanan = pelayanan di gereja or sekolah or tempat kerja kita). 4 hal tersebut harus seimbang.

Sumber : Milis Maleakhi – #1072