Baryesus & Sergius (Kis 13:4-12)

Baryesus atau Elimas tidak mempunyai hubungan keluarga dengan Yesus. Satu-satunya hubungan yang mereka miliki ialah sama-sama keturunan Yahudi.

Sergius Paulus juga tidak mempunyai hubungan dengan Saulus atau Paulus. Sergius adalah seorang gubernur kawan dari Elimas. Sergius tercatat sebagai seorang yang cerdas dan senang akan Firman Tuhan. Itulah sebabnya dia ingin memanggil Bernabas dan Saulus untuk mendengarkan Firman Tuhan dari mereka.

Tetapi, Elimas dengan kekuatan sihirnya berusaha menghalangi Barnabas dan membelokan Sergius dari imannya. Akhirnya karena kejahatannya, Elimas menjadi buta.

Mengapa Injil terkadang sulit diterima orang tertentu? Jawabannya ialah karena adanya kuasa (seperti yang dimiliki Elimas) yang berusaha menghalangi atau bahkan membelokan pikiran/hati terhadap kebenaran. (2 Kor 3:14,15) Oleh sebab itu, dianjurkan agar kita mendoakan orang yang ingin kita injili dan juga mengikat kuasa jahat daripada orang kuat sekitar daerah itu agar injil bisa diterima dengan baik.

Salam kasih, Deny S Pamudji
Jakarta, 4 Juli 2001