Home » Others » Harga Alkitab

Harga Alkitab

BERAPAKAH HARGA SEBUAH ALKITAB ?

Siswa teladan dari Oxford dan Cambridge, William Tyndale tahu persis harga sebuah Alkitab berbahasa Inggris.

Pada awal – awal tahunnya, Tyndale terkesima dan hancur hati akan parahnya ketidaktahuan akan pengetahuan Alkitab dalam rekan sesamanya, bahkan sesama rohaniwan sekalipun. Satu – satunya Alkitab yang resmi adalah dalam bahasa Latin. Alkitab berbahasa Inggris dianggap melanggar hukum. Dan para orang awam terjebak tanpa akses langsung untuk Firman Tuhan. Karena itu, Tyndale terbakar oleh sebuah api : untuk menterjemahkan Alkitab dari bahasa Ibrani dan Yunani secara akurat dan mempersembahkannya bagi semua orang, baik itu para petani upahan sampai ke raja.

Tragis, pihak yang paling gigih melawannya adalah para pemimpin gereja sendiri. Saat mereka sudah membuat Tyndale mustahil untuk melakukan pekerjaannya di tanah kelahirannya sendiri, Inggris, Tyndale lari ke Jerman dan Belgia, dimana dia mencetak dan menyelundupkan Alkitab berbahasa Inggris kembali ke tanah kelahirannya.

Setelah sekian lama diburu bagaikan kriminal, Tyndale akhirnya dikhianati, dipenjara dan dibunuh dengan kejam di tahun 1536. Menjadi martir dalam usia 42 tahun, dia hanya sempat melihat Perjanjian Baru dan sebagian kecil dari Perjanjian Lama berhasil dicetak. Doanya sebelum ajalnya adalah bahwa Tuhan membuka mata seorang Raja Inggris atas sebuah Alkitab Berbahasa Inggris..

75 tahun kemudian, seorang raja menyadur sebuah Alkitab berdasarkan kerja Tyndale, "Alkitab Agung", sebanyak hampir 90 persennya dan menerbitkan Alkitab yang kemudian menjadi publikasi terpopuler di sepanjang sejarah : "Alkitab King James / The King James Bible"

Berapakah harga sebuah Alkitab ? Tanyakan pada William Tyndale.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s